Jumat, 21 November 2014

Uraian Standart Pelayanan Klinik Umum

Puskesmas Boyolali I adalah Unit Pelaksana Teknis (UPTD) Dinas Kesehatan Kabupaten Boyolali yang bertanggung jawab terhadap pembangunan kesehatan pada wilayah kerja sebanyak 3 desa dari 9 desa di Kecamatan Boyolali .

Berikut uraian standar pelayanan klinik umum:


NO
KOMPONEN
URAIAN
1.      
Dasar Hukum
1. Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 128/Menkes/SK/II/2004 tentang kebijakan dasar pusat kesehatan masyarakat.
2. Peraturan Daerah Kabupaten Boyolali Nomor 18 Tahun 2011 tentang Retribusi Pelayanan Kesehatan.
3. Peraturan Bupati Boyolali Nomor 45 Tahun 2011
2.      
Persyaratan Pelayanan
Pasien telah terdaftar di loket pendaftaran
3.      
Sistem, mekanisme, dan prosedur
1. Pasien antri di ruang tunggu unit pelayanan
2. Mendapat pelayanan pemeriksaan / konsultasi kesehatan
3. Mendapat tindakan bila perlu (termasuk periksa laboratorium)
4. Membayar biaya pelayanan yang lain apabila mendapatkan pelayanan atau tindakan di luar retribusi pendaftaran, di loket pendaftaran
5. Setelah selesai, mengantri di ruang tunggu kamar obat
4.      
Jangka waktu penyelesaian
5-10 menit (kecuali dengan tindakan medis)
5.      
Biaya/ tarif
Sesuai:
1) Peraturan Daerah Kabupaten Boyolali Nomor 18 Tahun 2011 tentang Retribusi Pelayanan Kesehatan.
2) Peraturan Bupati Boyolali Nomor 45 Tahun 2011
6.      
Produk pelayanan
1. Pelayanan kesehatan pasien di klinik umum, termasuk pelayanan tindakan medis
2. Pemeriksaan kesehatan / keur bagi Pencari Kerja, dll
3. Pemeriksaan kesehatan Haji Tingkat Pertama
4.  Pelayanan konsultasi
5.  Pelayanan Prolanis
6.  Pelayanan pengobatan Infeksi Menular Seksual di klinik IMS
7.      
Sarana, prasarana dan/atau fasilitas
1.   Alat kesehatan untuk diagnostik
2.   Obat-obatan dan perbekalan Farmasi
3.   Alat penunjang
8.      
Kompetensi pelaksana
Tenaga medis dan Paramedis dibantu oleh tenaga administratif
9.      
Pengawasan internal
Dilakukan secara rutin oleh Kepala Puskesmas dan berkala oleh Kepala Dinas Kesehatan
10.   
Penanganan pengaduan, saran, dan masukan
Pengaduan dan saran dapat disampaikan langsung kepada Kepala Puskesmas atau dimasukkan di kotak saran, kemudian diproses untuk mendapat tanggapan
11.   
Jumlah pelaksana
Dokter umum : 2 orang
Paramedis      : 4 orang
12.   
Jaminan pelayanan
BPJS, Jamkesda
13.   
Jaminan keamanan dan keselamatan pelayanan
Sesuai standar operasional prosedur
14.   
Evaluasi kinerja pelaksana
Dilakukan secara berkala melalui lokmin bulanan, tribulanan, dan tahunan secara intern, kemudian dievaluasi oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Boyolali dalam kegiatan Bintek Tahunan.
 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blog Archive