Kamis, 20 November 2014

SEHAT ITU (TIDAK) MAHAL part 3

by dr. Endah Laksmi

Dua tulisan terdahulu membahas seputar pola makan sehat.Lalu bagaimana dengan pola istirahat yang baik?
  • Tidur lebih awal, bangun lebih awal
Telah dilakukan penelitian mengenai kebiasaan tidur dan didapatkan hasil yang signifikan.  Orang-orang  yang terbiasa tidur lebih awal dan bangun lebih awal, secara statistic lebih panjang umurnya dibanding  orang yang  suka begadang dan bangun kesiangan. (lihat juga pembahasan mengenai jarak makan dengan tidur di edisi kemarin)
  • Waktu tidur siang
Tidur siang diperlukan untuk menjaga tingkat kecukupan energy  dan memulihkan stamina. Waktu tidur siang yang optimal adalah antara 30-40 menit.
  • Jeda aktivitas
Jeda aktivitas hamper sama fungsinya dengan tidur siang. Lakukan jeda aktivitas selama 5 – 10 menit setiap kali telah bekerja selama 90 – 120 menit. Ini berguna untuk memulihkan stamina, menjaga tingkat kecukupan energy dan memulihkan focus/ konsentrasi.
Intinya, bilas udah terasa lelah atau bekerja cukup lama, beristirahatlah sejenak. Kalau kita memaksakan diri untuk terus bekerja meskipun dengan alas an ‘nanggung, sebentar lagi selesai’, maka hasil pekerjaan kita tidak akan sebaik ketika kita melakukan jeda.
Lakukan jeda secara utuh. Tidak hanya secara fisik berhenti dari pekerjaan, hati dan fikiran juga harus dialihkan sejenak dari pekerjaan.
  • Latihan Fisik / Olahraga
Banyak orang memilih cara instan untuk menjadi  fit atau kuat. Biasanya yang menjadi pilihan adalah minum kopi  atau minuman berenergi. Dengan kopi  atau minuman berenergi, tubuh akan terasa segar kembali dan siap bekerja lebih lama. Padahal  yang sesungguhnya terjadi adalah tubuh kita sedang ‘ditipu’. Kelelahan fisik masih ada tetapi tubuh dibuat tidak merasakannya. Yang kemudian terjadi dalam jangka panjang adalah gangguan pada organ tubuh tertentu. Saat ini banyak pasien hemodialisa (cuci darah) adalah orang-orang  yang sering mengkonsumsi minuman berenergi.
Cara sehat untuk meningkatkan kapasitas fisik adalah olahraga. Olahraga membuat seluruh otot termasuk otot jantung, menjadi lebih terlatih dan lebih kuat. Dengan demikian, tubuh tidak mudah merasa lelah.

Manfaat lain dari olahraga adalah diproduksinya  endorphin, suatu zat yang membuat tubuh merasa nyaman.  Orang  yang rutin olahraga kemudian menghentikannya, pasti akan merasakan badannya tidak nyaman dan mudah pegal.  Selain itu, olahraga akan meningkatkan ambang batas rasa sakit. Jadi orang yang rajin olahraga lebih jarang mengeluh sakit dibanding yang tidak pernah olahraga.Ditambah lagi dengan lancarnya peredaran darah setelah olahraga. Ini akan membuat metabolism  tubuh berjalan lebih efektif dan efisien serta proses  detoksifikasi berjalan optimal.

Dengan banyaknya manfaat dari olahraga, bagaimana mungkin kita mengabaikannya? Lakukan minimal seminggu 3 x, masing-masing setengah jam. Pilihan jenis olahraga disesuaikan dengan usia, jenis kelamin dan beberapa kondisi  yang ada pada kita. Konsultasikan pada dokter untuk mengetahui jenis olahraga yang  tepat untuk kita

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blog Archive