KERANGKA ACUAN
Sekolah Kader Posyandu
A. Latar Belakang
1. Perlunya Sekolah Posyandu untuk
meningkatkan peran posyandu dalam pelayanan kesehatan promotif dan preventif
2. Perlunya kemampuan kader untuk mengerti
tentang gaya hidup sehat mandiri (healty lifestyle) dan terhindar dari masalah
kesehatan.
1.
UMUM
Meningkatkan Kapasitas kader posyandu dalam mencapai
Masyarakat Sehat Mandiri
2.
KHUSUS
a.
Membangun kepedulian kader tentang gaya hidup sehat
b.
Meningkatan pemahaman kader posyandu tentang sekolah
sehat
c.
Meningkatkan pengetahuan kader posyandu tentang pentingnya
hidup di lingkungan yang sehat,baik lingkungan fisik sosial maupun spiritual
B. Materi
Kegiatan
1.
Mengerti Perilaku Hidup bersih dan sehat (Promotif
/preventif)
2.
Parenting Skill
3.
Tumbuh Kembang Anak
4.
Gizi dan Pengolahan Makanan
5.
Pencegahan Penyakit
6.
Pengelolaan Kelembagaan Posyandu
7.
Komunikasi Efektif
C. Peserta
1.
Peserta adalah kader Posyandu
a. Kelurahan Siswodipuran
5 orang x 20 Posyandu = 100 Orang
b. Kelurahan Banaran 5 orang x 16 Posyandu = 80 Orang
c. Kelurahan Karanggeneng 5 Orang x 30 Posyandu = 150 Orang
D.
Waktu danTempat
1. Sekolah Kader Siswodipuran
a).
Kelompok 1 (10 Posyandu )
Hari : Senin s/d Selasa
Tanggal : 28 s/d 29 Maret 2016
Jam :
08.00 – 14.00
Tempat :
Aula PKM Puskesmas Boyolali 1
b).
Kelompok II (10 Posyandu )
Hari :
Rabu s/d Kamis
Tanggal : 30 s/d 31 Maret 2016
Jam :
08.00 – 14.00
Tempat :
Aula PKM Puskesmas Boyolali I
2. Sekolah Kader Banaran
2. Sekolah Kader Banaran
a).
Kelompok 1 (8 Posyandu )
Hari : Senin s/d Selasa
Tanggal :
18 s/d 19 April 2016
Jam :
08.00 – 14.00
Tempat :
Aula PKM Puskesmas Boyolali 1
b).
Kelompok II ( 8 Posyandu )
Hari :
Rabu s/d Kamis
Tanggal :
20 s/d 21 April 2016
Jam :
08.00 – 14.00
Tempat :
Aula PKM Puskesmas Boyolali 1
3. Sekolah Kader Banaran
a).
Kelompok 1 (15 Posyandu )
Hari : Senin s/d Selasa
Tanggal : 9 s/d 10 Mei 2016
Jam :
08.00 – 14.00
Tempat :
Aula PKM Puskesmas Boyolali 1
b).
Kelompok II ( 15 Posyandu )
Hari :
Rabu s/d Kamis
Tanggal : 11 s/d 12 Mei 2016
Jam :
08.00 – 14.00
Tempat :
Aula PKM Puskesmas Boyolali 1
E. Nara Sumber
1.
dr Endah Laksmi Setiyowati (Kepala Puskesmas Boyolali
1)
2.
dr Endang Widati (dokter Puskesmas Boyolali 1 )
3.
dr Retno Setianingsih (dokter Puskesmas Boyolali 1 )
4.
drg PriyantoYudi (dokter gigi Puskesmas Boyolali 1 )
5.
Sawitri Nur Handayani
(Nutrisionis Puskesmas Boyolali 1)
6.
Ponco supono (Sanitarian PuskesmasBoyolali 1)
7. Haniatul Chasanah (Promkes Puskesmas Boyolali I )
F. Sumberdana
Kegiatan Sekolah Kader Posyandu dibiayai oleh BOK UPTD
Puskesmas Boyolali 1 Kecamatan Boyolali
2. Susunan Acara dan Jadwal Kegiatan
Sekolah Kader Siswodipuran
Sekolah Kader Siswodipuran
No.
|
WAKTU PELAKSANAAN
|
URAIAN KEGIATAN
|
PENANGGUNG JAWAB/
NARASUMBER
|
PENANGGUNG JAWAB/
NARASUMBER
|
1
|
15
Maret 2016
|
Penyusunan Kerangka
Acuan
|
Panitia
|
Panitia
|
2
|
17 Maret 2016
|
Pembentukan Kepanitiaan
|
Panitia
|
Panitia
|
3
|
18 – 24 Maret 2016
|
Persiapan Teknis
|
Panitia
|
Panitia
|
4
|
29 – 30Maret 2016
|
Pelaksanaan Sekolah Sehat
|
Panitia
|
Panitia
|
5
|
1-6 April 2016
|
Evaluasi
|
Panitia
|
Panitia
|
Sekolah Kader Banaran
No.
|
WAKTU PELAKSANAAN
|
URAIAN KEGIATAN
|
PENANGGUNG JAWAB/
NARASUMBER
|
PENANGGUNG JAWAB/
NARASUMBER
|
1
|
11
April 2016
|
Penyusunan Kerangka
Acuan
|
Panitia
|
Panitia
|
2
|
12 April 2016
|
Pembentukan Kepanitiaan
|
Panitia
|
Panitia
|
3
|
13 – 16 April 2016
|
Persiapan Teknis
|
Panitia
|
Panitia
|
4
|
18 – 21 April 2016
|
Pelaksanaan Sekolah Sehat
|
Panitia
|
Panitia
|
5
|
22 – 30 April 2016
|
Evaluasi
|
Panitia
|
Panitia
|
Sekolah Kader Karanggeneng
No.
|
WAKTU PELAKSANAAN
|
URAIAN KEGIATAN
|
PENANGGUNG JAWAB/
NARASUMBER
|
PENANGGUNG JAWAB/
NARASUMBER
|
1
|
2
Mei 2016
|
Penyusunan Kerangka
Acuan
|
Panitia
|
Panitia
|
2
|
3 Mei 2016
|
Pembentukan Kepanitiaan
|
Panitia
|
Panitia
|
3
|
4-7 Mei
2016
|
Persiapan Teknis
|
Panitia
|
Panitia
|
4
|
9 – 12 Mei 2016
|
Pelaksanaan Sekolah Sehat
|
Panitia
|
Panitia
|
5
|
1-6 Juni 2016
|
Evaluasi
|
Panitia
|
Panitia
|
Target Pembelajaran Sekolah Posyandu
Kelas Kader POSYANDU
No
|
Target
Pengetahuan yang di dapatkan
|
Target
Skill yang di dapatkan
|
Materi
Pembelajaran
|
Kisi kisi materi
|
1
|
Memahami Perilaku Hidup Bersih dan Sehat
|
Mampu menerapkan dan menjelaskan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat
|
Layanan kesehatan
Promotif / preventif
(minimal
2 pertemuan)
|
1.
Pola
Makan Sehat
2.
Pola
Tidur Sehat
3.
Olahraga
Teratur
4.
Kebersihan
diri (termasuk kebiasaan cuci tangan pakai sabun)
5.
Kebersihan
Lingkungan
|
2
|
Memahami nilai dasar dan prinsip pengasuhan anak
|
·
Mampu
menerapkan nilai dasar dan prinsipnya dalam pengasuhan anak.
·
Mampu
menyelesaikan masalah pengasuhan anak terutama yang berkaitan dengan tumbuh
kembang anak
|
Parenting skill
(minimal 3 kali pertemuan)
|
1.
Nilai
dasar dan prinsip pengasuhan anak
2.
Studi
Kasus Pengasuhan Anak (Menghadapi Anak Sulit Makan, Menghadapi Anak rewel,
menghadapi Anak suka mengamuk, dll)
|
3
|
Memahami tahapan pertumbuhan dan perkembanagan anak serta faktor2 yang
berpengaruh
|
Mampu mengidentifikasi tumbuh kembang yang normal dan yang menyimpang
dari normal
|
Tumbuh Kembang Anak
(minimal 2 kali pertemuan)
|
1.
Pertumbuhan
Anak dan faktor yang berpengaruh
2.
Perkembangan
Anak berdasarkan Kelompok Umur
|
4
|
Memahami keseimbangan gizi dan pengolahan makanan yang baik serta menu
khusus untuk anak, ibu hamil dan ibu menyusui
|
·
Mampu
menjelaskan pentingnya gizi seimbang dan pengolahan makanan yang baik
·
Mampu
memberikan contoh menu untuk anak, ibu hamil dan ibu menyusui
|
Gizi dan pengolahan
makanan
(minimal 3 kali pertemuan)
|
1.
Gizi
Seimbang
2.
Pengolahan
Makanan yang Sehat dan Aman
3.
Kebutuhan
Gizi Anak dan contoh menunya
4.
Kebutuhan
Gizi Ibu Hamil dan menyusui serta contoh menunya
|
5
|
Memahami pentingnya pencegahan penyakit
|
·
Mampu
menjelaskan pencegahan penyakit menular
·
Mampu
menjelaskan pencegahan penyakit tidak menular
|
Pencegahan penyakit
(minimal 3 pertemuan)
|
1.
Macam-macam
penyakit (menular dan tidak menular)
2.
Pencegahan
penyakit menular dan deteksi dini terhadap penyakit tersebut
3.
Pencegahan
penyakit tidak menular dan deteksi dini terhadap penyakit tersebut
|
6
|
Memahami Manajemen Posyandu
|
Mampu mengelola posyandu dengan baik
|
Pengelolaan kelembagaan
posyandu
(minimal 3 pertemuan)
|
1.
Kelembagaan
Posyandu (UKBM, hub.nya dengan puskesmas, hub.nya dengan pemerintah desa)
2.
Tertib
Administrasi Posyandu
3.
Prosedur2
di Posyandu
|
Memahami cara berkomunikasi efektif
|
Mampu berkomunikasi dengan pelanggan posyandu
|
Komunikasi efektif
(minimal
2 pertemuan)
|
1.
Komunikasi
Efektif
2.
Hambatan2
Komunikasi
|
PELAKSANAAN SEKOLAH KADER DI UPTD BOYOLALI 1
PERMAINAN ICE BREAKING DI SEKOLAH KADER POSYANDU
Tidak ada komentar:
Posting Komentar